Sekilas Organisasi LK Fahutan

Berikut Sekilas Gambaran Umum LK Fahutan IPB :

RIMBAWAN PECINTA ALAM (RIMPALA) FAHUTAN IPB

RIMPALA adalah singkatan dari Rimbawan Pecinta Alam Fakultas Kehutanan IPB (RIMPALA FAHUTAN IPB), merupakan organisasi atau lembaga kemahasiswaan di lingkup Fakultas Kehutanan IPB, sebagai organisasi atau lembaga yang mengembangkan kegiatan di bidang kepecintaalaman dalam rangka menunjang aktivitas keprofesiannya sebagai seorang RIMBAWAN.

RIMPALA berdiri pada tanggal 25 September 1993 berdasarkan SK-KU SEMA E No 2/SKSME/1993. Alasan dibentuknya RIMPALA, dilator belakangi oleh medan profesi seorang RIMBAWAN yang berhubungan langsung dengan alam sehingga diperlukan keahlian khusus, serta penempaan mental seorang  RIMBAWAN dan menjadi wadah penyaluran minat dan kreatifitas RIMBAWAN.

FMSC merupakan himpunan mahasiswa departemen manajemen hutan, fakultas kehutanan, institut pertanian bogor. FMSC digagas tahun 1973 dan diwujudkan sebagai organisasi pada tanggal 25 Desember 1974. Semula FMSC sebagai kelompok belajar/diskusi diantara mahasiswa tingkat sarjana (doktoral). Setelah program sarjana 4 tahun mulai menghasilkan lulusannya, dan adanya himpunan mahasiswa jurusan, FMSC berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Hutan (kini Departemen).Namun seiring dengan perkembangannya FMSC berubah menjadi Himpunan Mahasiswa Profesi Manajemen Hutan. Bagi temen FAHUTAN IPB silahkan bergabung..

International Forestry Students’ Association (IFSA) merupakan sebuah lembaga yang telah terdaftar di Jerman sebagai lembaga yang bersifat non politik, non pemerintah, dan organisasi nirlaba, merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa kehutanan sedunia, mewakili 64 asosiasi mahasiswa kehutanan lokal dan nasional dari 47 negara.
IFSA LC-IPB merupakan bagian dari IFSA world yang berlokasi di Institut Pertanian Bogor. IFSA LC-IPB dibentuk sejak tahun 1991 dan menjadi Local Committee pertama di Indonesia. IFSA LC-IPB dan Local Committee lain mengacu pada AD ART dan peraturan IFSA world, termasuk dalam susunan kelembagaannya. IFSA LC-IPB berstatus sebagai badan semi otonom. IFSA LC-IPB bertujuan :

a)      Meningkatkan wawasan dan pengetahuan kehutanan dalam perspektif global bagi anggota pada khususnya dan bagi masyarakat Fakultas Kehutanan IPB pada umumnya.

b)        Melatih dan meningkatkan kemampuan berinteraksi dalam komunitas lokal, nasional dan internasional untuk anggota.

c)        Melatih dan meningkatkan kemampuan berorganisasi para anggotanya.

d)        Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bagi anggota pada khususnya dan bagi masyarakat Fakultas Kehutanan IPB pada umumnya.

Share

Leave a Reply

Kalender
June 2010
S M T W T F S
    Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
badge Fahutan IPB

IPB Badge

Arsip
Badge IPB